Thursday, June 20, 2019

Obat Alami Asam Urat Paling Manjur


Bagian-bagian tubuh yang paling utama di serang oleh asam urat ialah bagian persendian. Yang mana hadirnya penyakit asam urat ini disebabkan oleh adanya zat purin yang terlalu banyak di dalam tubuh yang mulanya dari hasil mengasup makanan yang di perkaya akan kandungan seperti seafood dsb. Terlalu banyak zat purin di dalam tubuh akan mengakibatkan menurunnya kinerja ginjal, sehingga ginjal tidak lagi mampu membuang kelebihan asam urat yang bisa menyebabkan terjadinya pengkristalan asam urat dibagian persendian, yang mana hal tersebut bisa berdampak pada peradangan & pembengkakan yang akan memunculkan rasa sakit yang luar biasa di bagian tersebut. 

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh juga bisa menyebabkan persoalan kesehatan yang amat serius, salah satunya ialah suatu keadaan yang dimana seseorang akan merasakan nyeri yang sangat luar biasa sehingga dapat mengganggu aktivitas.  Dan kadar asam urat yang tinggi dapat di akibatkan karena mengkonsumsi protein hewani dalam total yang banyak, sehingga bisa menyebabkan munculnya keluhan asam urat tersebut. Tak hanya itu, asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya keluhan asidosis metabolik, yakni suatu keadaan yang dimana ginjal amat susah / bahkan tidak dapat melakukan pekerjaan dan fungsinya yang berkaitan dengan asam urat yakni untuk membuang kelebihan asam urat lewat urine. Dengan begitu asam urat di dalam tubuh akan mengkristal dan pada akhirnya melekat dan menumpuk di beberapa persendian yang nantinya akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada bagian persendian tersebut. 

Selain itu, kadar asam urat yang tinggi juga bisa memunculkan penyakit lain yakni gagal ginjal. Dan dengan kristal-kristal asam urat yang terbentuk akan dapat menyebabkan kinerja organ ginjal menjadi terhambat. Salah satu dampak yang di munculkan dari fungsi ginjal yang mengalami gangguan ialah gejala gagal ginjal. Yang dimana gejala gagal ginjal akan berbahaya sekali bagi pengidapnya. Oleh karena itu, dengan mengingat bahaya yang di munculkan oleh penyakit asam urat itu, bukanlah sebuah permasalahan yang ringan (sepele), maka semaksimal mungkin Anda harus bisa menghindari faktor penyebab munculnya keluhan asam urat, contohnya seperti tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan hasil olahan seafood (makana laut), dan juga menghindari terlalu banyak memakan jeroan.

Gejala Asam Urat Yang Kerap Dirasakan Oleh Pengidapnya
·        Merasakan sakit yang cukup hebat pada sendi saat akan bergerak.
·        Kerap merasakan kesemutan.
·        Nyeri sendi yang terjadi secara berulang.
·        Sering merasakan nyeri sendi pada bagian jari kaki, dengkul, jari tangan, siku, pergelangan tangan dan juga tumit.

Apabila penyakit asam urat ini tidak secepatnya di atasi dan di obati, maka dapat mengancam kondisi kesehatan Anda. Oleh karna itu, dibawah ini ada beberapa macam tanaman tradisional berkhasiat yang bisa Anda pilih salah satu untuk membantu mengatasi sekaligus menyembuhkan penyakit asam urat secara alami, diantaranya:
҉            Tanaman Kumis Kucing
Kumis kucing  (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu macam tumbuhan tradisional yang tergolong dalam keluarga lamicaeae/labiatae yang banyak di temui di negara Indonesia. Yang mana tumbuhan kumis kucing ini di mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dan kini kumis kucing sudah populer  sebagai salah satu macam tumbuhan yang dapat di jadikan sebagai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit, seperti asam urat ini salah satunya. Sebab, didalam tumbuhan kumis kucing ini terdapat banyak sekali kandungan senyawa berkhasiat seperti sapofonin, glikosida, saponin, zat samak, sinensetin, orthosiphonin, mionosito dan juga mineral seperti kalium. Yang mana semua kandungan tersebut berkemampuan untuk meruntuhkan batu saluran kencing. Selain itu, tumbuhan kumis kucing ini juga mempunyai sifat diuretik yang ampuh untuk membuang kadar asam urat didalam tubuh yang berlebih melalui urine. Sehingga dengan begitu, menjadikan tumbuhan kumis kucing ini tidak ragukan lagi untuk di jadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan asam urat.

Cara Membuat Obat Alami Asam Urat dari Tumbuhan Kumis Kucing
·        Siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 helai.
·        Siapkan daun meniran sebanyak 5 helai.
·        Cuci semua bahan yang sudah di persiapkan sampai bersih.
·        Kemudian rebus dengan 2 gelas air.
·        Tunggu airnya mendidih dan tinggal 1 gelas.
·        Saring air rebusannya, dan dinginkan.
·        Air rebusan siap di minum, (dan ramuan ini di minum 3x sehari).

҉            Daun Salam
Meskipun daun salam ini kerap di kenal sebagai salah satu macam tanaman yang biasa di jadikan sebagai bahan tambahan olahan masakan, tetapi sudahkah Anda mengetahui, bahwa daun salam sebagai obat tradisional telah di kenal dari dulu, tapi sangat di sayangkan belum populer seperti tanaman-tanaman obat tradisional lainnya. Nah, hal yang perlu Anda tahu yakni, bahwa didalam daun salam ini terkandung senyawa flavonoid, minyak atsiri dan juga tannin yang berkhasiat mampu membantu menyembuhkan penyakit asam urat dengan alami.

Cara Pengolahan Daun Salam Untuk Obat Alami Asam Urat
·        Ambil daun salam sebanyak 10 lembar.
·        Cuci semua bahan sampe bersih.
·        Lalu masukkan semua daun salam kedalam panci.
·        Rebus dengan dua gelas air.
·        Tunggu sampe airnya mendidih dan tersisa hanya satu gelas.
·        Saring airnya, lalu dinginkan.
·        Air rebusan daun salam sudah siap diminum.

҉            Sidaguri
Didalam dunia pengobatan terdapat banyak sekali tanaman tradisional yang bisa di manfaatkan untuk pengobatan tradisional. Dan salah satunya ialah tanaman sidaguri ini. Sidaguri merupakan salah satu macam tanaman tradisional yang mempunyai banyak kandungan zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Biasanya tanaman sidaguri ini tumbuh di semak belukar, dan merupakan tanaman yang bisa di lestarikan. Tanaman sidaguri ini juga mempunyai ciri yakni bisa tumbuh mencapai 2 meter, batang bercabang, terdapat banyak bulu-bulu kecil yang rapat tumbuh dibagian batang dan daun. Pada bagian tanaman sidaguri ini masing-masing mempunyai kandungan berkhasiat di antaranya, daun sidaguri mengandung kalsium oksalat, alkaloid, saponin, tannin, asam amino, fenol, dan juga mengandung minyak atsiri. Yang mana pada bagian daunnya ini dapat di manfaatkan untuk pengobatan tradisional. Pada bagian batangnya terdapat kandungan tannin dan kalsium oksalat, yang mana bagian ini juga bisa di manfaatkan untuk membantu mengobati penyakit, sedangkan akarnya mengandung steroid, alkaloid dan juga ephedrine. Dan seperti sekarang ini tanaman sidaguri telah banyak di manfaatkan untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan penyakit asam urat secara alami.

Cara Pengolahan Tanaman Sidaguri Untuk Obat Alami Asam Urat
·        Sediakan 100 gram akar dan batang sidaguri.
·        Cuci bersih semua bahan yang sudah di sediakan.
·        Rebus dengan air sebanyak 1 liter.
·        Tunggu airnya mendidih dan tersisa hanya ½ nya.
·        Saring air rebusannya, lalu dinginkan.
·        Air rebusan siap dikonsumsi.

҉            Keladi Tikus
Typhonium flagelliforme merupakan nama latin dari tanaman keladi tikus yang jenisnya seperti tanaman talas, tanaman keladi tikus ini juga tergolong kedalam tumbuhan semak yang dapat tumbuh mencapai 25 cm sampai 30 cm, daunnya berbentuk bulat dengan bagian ujungnya melancip seperti bentung jantung. Tumbuhan ini berwarna hijau segar dan pada bagian umbinya berbentuk bulat lonjong. Di pulau Jawa, tumbuhan keladi tikus ini juga seringkali di temui baik di dataran rendah maupun tinggi. Namun sudahkah Anda tahu, bahwa tumbuhan keladi tikus ini mempunyai khasiat dan manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, seperti untuk membantu mengobati beragam macam penyakit. Salah satunya ialah untuk mengobati penyakit asam urat, sebab tumbuhan keladi tikus ini mengandung senyawa polifenol dan vitamin yang bertugas untuk mencegah pembentukan kristal asam urat yang menumpuk dibagian persendian / yang pada melekat pada tulang. Dengan begitu, tumbuhan keladi tikus ini sangat tepat dan cocok untuk di konsumsi pengidap asam urat, karena kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan menyusut dengan Anda mengkonsumsi tumbuhan keladi tikus. Untuk mengambil khasiat dari tumbuhan keladi tikus ini, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk ekstrak yang sudah di jadikan obat herbal atau dengan mengkonsumsi air rebusannya yang di buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Air Rebusan Tumbuhan Keladi Tikus Untuk Asam Urat
·        Siapkan tumbuhan keladi tikus segar sebanyak 50 gram.
·        Cuci semua bahan hingga bersih.
·        Kemudian rebus dengan air sebanyak 150 ml.
·        Didihkan hingga airnya hanya sisa ½ nya.
·        Angkat, saring dan dinginkan.
·        Air rebusan sudah siap diminum, (dan air rebusan ini diminum 2x sehari).

Diatas itu adalah beberapa metode pengobatan asam urat alami menggunakan tumbuhan tradisional, semoga ke-empat tumbuhan tradisional diatas dapat membantu Anda yang mengidap asam urat tinggi untuk segera sembuh, Aamiin..
Selamat mencoba...!!! J




Pustaka acuan : https://herbalmania.neocities.org/obat-herbal-asam-urat.html

No comments:

Post a Comment