Thursday, June 20, 2019

Obat Alami TBC Paling Manjur


Obat Alami TBC Paling Manjur - Tuberkulosis atau disingkat TB adalah salah satu penyakit yang banyak ditemui di Indonesia. Bahkan TB didaulat sebagai infeksi penyebab kematian nomor satu di negara ini. Kebanyakan kasus tuberkulosis menyerang saluran pernapasan, tepatnya paru-paru. Namun, tahukah Anda kalau tuberkulosis juga bisa menyerang kelenjar getah bening? Agar bisa mendeteksi sejak awal, pelajari macam-macam gejala TB kelenjar getah bening berikut ini, ya.   

Apa itu TB kelenjar getah bening?
Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya bakteri ini menyerang paru-paru. Usai masuk ke dalam organ paru-paru, bakteri ini mampu bertahan selama beberapa waktu tanpa menampakan gejala apapun. Lalu, bakteri pemicu TB ini pun mulain menyebar ke bagian tubuh lainnya. Seperti menuju otak atau kelenjar getah bening.
Kelenjar getah bening sendiri merupakan suatu sistem jaringan yang letaknya di leher, ketiak, dan selangkangan. Fungsinya diantaranya menjaga sistem pertahanan tubuh manusia. Jika bagian ini mengalami infeksi, Anda berisiko mengalami pembengkakan atau munculnya benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan. Kekebalan tubuh Anda juga akan melemah cukup drastis.

TB kelenjar getah bening tidak menular
Bakteri penyebab tuberkulosis memang bisa ditularkan melalui udara. Jika seorang penderita tbc paru-paru batuk atau bersin, bakteri yang tinggal di dalam pun akan menjalar di udara bebas. Pada udara bebas, bakteri ini mampu bertahan dalam waktu satu hingga dua jam. Jika Anda menghirupnya, Anda pun ketularan tuberkulosis paru-paru.
Namun, seperti dijelaskan oleh seorang spesialis penyakit dalam University of California, Los Angeles (UCLA) dr. Irwin Ziment, jikalau Anda tidak menampakan ciri atau gejala TB paru, maka Anda tidak akan menularkan penyakit TB kelenjar getah bening terhadap orang lain. Bakteri di kelenjar getah bening pasalnya tidak akan “terdorong” keluar lewat batuk atau bersin layaknya bakteri yang bersarang di saluran pernapasan.

Berbagai gejala TB kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening adalah organ kedua yang paling sering kena tuberkulosis. Yang pertama adalah paru-paru. Berdasarkan catatan Public Library of Science (PLOS) One tahun 2015, TB kelenjar getah bening bahkan meliputi 25% dari seluruh kasus tuberkulosis. Maka, Anda perlu berhati hati dan mengenali jenis gejala TB kelenjar getah bening berikut ini. Terutama kalau ada orang di sekitar Anda yang didiagnosis dengan tuberkulosis. 
·    Tumbuh benjolan pada leher bagian depan, tepatnya di bawah rahang. Walau jarang di kabarkan, benjolan akibat TB kelenjar getah bening juga dapat muncul di selangkangan atau ketiak.
·    Benjolan pada mulanya berukuran kecil dan tidak terasa sakit, namun lama-lama akan membesar dan kulit di sekitarnya jadi kemerahan. Beberapa orang juga merasakan nyeri atau sakit pada area munculnya benjolan.
Perlu diingat, gejala TB kelenjar getah bening terkadang tidak terdeteksi meskipun bakterinya sudah menyebar ke seluruh tubuh. Padahal terlambat menangani tuberkulosis bisa berakibat fatal. Maka, jika muncul gejala TB kelenjar getah bening yang utama yaitu muncul benjolan, segera hubungi dokter.


No comments:

Post a Comment